Sabtu, 16 Juli 2011

Daripada Bete, Nulis Aja!

Pada kesempatan ini Caryn Mirriam membahas tentang mengapa kita menulis? 

Tentu masing-masing memiliki alasan tersendiri dalam hal ini, Walau pun pada dasarnya menulis memiliki manfaat yang hampir sama. Dari menulis kita dapat mengatasi masalah yang kita hadapi, membangkitkan semangat dan yang lebih penting kita dapat membuktikan bahwa kita memunyai sesuatu yang dapat di diberikan dan di nikmati saudara kita yang lain di dunia ini.
Ada dua belas alasan menulis, 

  1. yang pertama dengan menulis mampu membantu kita menemukan siapa diri kita. 
  2. Ke dua, dengan tulisan yang kita mulai dari nol kita dapat membuat kita bangga dan percaya diri. 
  3. Ke tiganya kita akan merasakan mendengar keunikan diri kita sendiri terutama dalam pendapat yang mengalir begitu saja saat menulis.
  4. Selain itu kita akan mampu menelaah dimana bakat, kemampuan, minat kita terfokus, hal ini lah yang dapat kita kembangkan agar kita dapat memberikan pada dunia.
  5. Dapat memberika jawaban atas pertanyaan karena dengan menulis membuat kita berfikir.
  6. Meningkatkan kreativitas diri.
  7. Yang selanjutnya dan lebih penting lagi adalah kita bebas berekpresi dengan tulisan daripada dengan lisan. Dan hal ini akan membuat kita bisa berbagi dengan orang lain.
  8. Poin ke delapan ini sangat sesuai dengan kondisi kita sebagai makhluk ciptaan-Nya yang suka emosi atau marah, karena dengan menulis sebenarnya dapat mengurangi beban emosi karena dengan begitu dapat terlampiaskan.
  9. Yang ke sembilan, sebenarnya dengan menulis dapat membantu kita untuk melakukan terapi penyembuhan, karena dengan tulisan itu kita jadi tahu apa penyakit kita yang terungkap dalan lembaran kertas. Dan dengan begitu akan dengan mudah kita akan mencari penetralisirnya. 
  10. Dalam point ke sepuluh kita akan menemukan kesenangan serta cara mengungkapkannya. Kenapa menyenangkan? Karena tulisan kita adalah gubahan penting dalam jiwa yang tertulis dan sudah dapat di lihat. Jadi ketika kita membaca ulang hasil gubahan kita tersebut akan ada rasa senang akan hasilnya. Selain itu menulis juga mampu membuat kita lebih hidup.
  11. Karena catatan nomor sebelas ini adalah salah satu cara kita untuk berhubungan dengan diri sendiri, orang lain dan dunia sekitar. 
  12. Buka matamu pada fajar yang merekah untukmu, Lahirkan impianmu! inilah kata-kata yang tepat untuk berada di urutan ke dua belas apa alasan kita menulis. Betapa tidak. Dengan menulis pun kita akan mengetahui mimpi terbesar kita dan kita dapat memikirkan jalan keluar agar dapat mewujudkan impian tersebut menjadi sebuah kenyataan. Yang pasti kita dapat menulis cara tersebut.
Jadi, dengan menulis kita akan mampu mencoba menemukan siapa diri kita. Seperti yang di katakan oleh Alice McDermott "Kalau saya tidak menukis, saya tidak akan dapat memahami apa pun. Saya merasakan kebutuhan untuk memahami dan menemukan keteraturan. Ternyata, menulis fiksi adalah satu-satunya jalan yang saya temukan untuk memulainya."
Memang benar, karena menulis adalah suatu cara untuk memahami dan menemukan arti hidup kita. Kata-kata kita dapat menjadi cermin ajaib yang mampu menampakkan siapa diri kita, apa yang kita inginkan dan lain-lain. Kita pun akan dapat mengenal diri kita yang terdalam, tersunyi, terluka, sepi atau pun bagian-bagian yang penuh kreatif, gembira, bahagia, tangguh dan lain-lain. dalam beberapa aspek tulisan kita pun mampu berperan sebagai sidik jari kita di dunia, kerutan, lingkaran, serta citra yang mampu mengidentifikasi diri kita sebagai kita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar